Pages

Kisah Gajah yang Terikat - sebuah renungan



Seorang pria melewati kumpulan gajah, dia tiba-tiba berhenti dan bingung oleh fakta bahwa makhluk-makhluk besar hanya diikat dengan sebuah tali kecil pada kaki depan mereka. Bukan sebuah rantai atau kandang besar. Sudah jelas bahwa gajah-gajah ini bisa kapan saja melepaskan diri dari ikatan mereka, tetapi untuk beberapa alasan mereka tidak melakukan itu. .

Pria tadi melihat seorang pelatih di dekatnya dan bertanya mengapa hewan-hewan ini hanya berdiri di sana dan tidak berusaha untuk menjauh. "Yah," kata pelatih, "ketika mereka sangat muda dan tubuhnya tidak sebesar sekarang, kami menggunakan tali ukuran yang sama untuk mengikat mereka. Pada usia itu, tali itu cukup untuk menahan tubuh mereka. Ketika mereka tumbuh dewasa, mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Mereka percaya tali masih bisa menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk membebaskan diri. "

Pria itu terkejut. Hewan ini bisa setiap saat membebaskan diri dari ikatan mereka tetapi karena mereka percaya bahwa mereka tidak bisa, mereka terjebak tepat di tempat mereka.

Seperti gajah, berapa banyak dari kita menjalani kehidupan dengan suatu keyakinan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu, hanya karena kita gagal sekali sebelumnya?

Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran, kita seharusnya tidak pernah menyerah untuk berjuang dalam hidup.

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment