Pages

“Write Your Future”



Banyak dari kita yang udah menunggu World Cup 2010. Beberapa mungkin sudah janjian no-bar (nonton bareng) sama teman-teman, berusaha menyelesaikan tugas lebih awal, bahkan mengubah jam tidur demi menonton tim kesayangan masing-masing.

Kali ini yang akan dibahas bukanlah tim-tim potensial yang diramalkan bakal menguasai piala dunia, karena membahas hal tersebut pasti nggak akan ada habisnya karena semua orang punya pendapat masing-masing. Lalu apa dong yang mau kita highlight kali ini? Sebuah iklan dari Nike berjudul “Write The Future” dalam rangka menyambut piala dunia kali ini.

Dibintangi sederetan bintang sepakbola terkenal seperti Wayne Rooney, Ronaldinho, dan Christiano Ronaldo, iklan televisi ini berdurasi 3 menit. Menarik?sudah tentu. Lagu yang dinamis, plot yang unik karena berupa potongan-potongan momen dunia sepakbola yang digabungkan menjadi sebuah kompilasi yang bermutu. Hanya Euforia yang tergambarkan saat menyaksikan para penggemar bola menyemangati pemain andalan mereka.

Bagian pertama klip ini menggambarkan seorang pemain yang menggiring bola dan berusaha mencetak gol. Kamera lalu berpindah ke sekumpulan kru belakang layar, komentator, dan kritikus sepakbola yang menonton momen tersebut dengan tegang. Lihat deh hidup kita, walaupun kita berhak menentukan mau pakai baju apa ke sekolah, mau berkata apa sama orang lain, tidak bisa dipungkiri kalau kita adalah seorang makhluk sosial yang ada di mata publik. Orang lain menilai hidup kita, dari kata-kata yang kita keluarkan dan sikap hidup kita di berbagai keadaan. Jadi, walaupun kita harus tetap menjadi diri sendiri, ada batas-batas yang tetap harus kita ingat dan taati sebagai seorang makhluk sosial. Orang lain bisa melihat, dan Tuhan melihat kita sepanjang waktu. Ingat kan kalau kita ditugaskan untuk jadi garam dan terang dunia? (Matius 5:13-16)

Ada juga bagian yang mengabadikan Wayne Rooney yang berusaha mencetak gol kemenangan bagi tim Inggris, Ronaldinho yang sedang mengecoh lawan dengan gerakan 'samba' khasnya serta-merta menjadi trend dalam trik mengecoh lawan, dan juga Christiano Ronaldo yang menjadi tumpuan timnya untuk mencetak penalti. Beberapa cuplikan dari klip tersebut mengingatkan saya terhadap peran hidup kita sebagai anak-anak Tuhan di dunia. Mencapai gol kita tidaklah mudah, karena itu kita harus melakukan usaha-usaha yang riil dalam mencapainya. Mau jadi impact buat orang-orang sekitar tapi clueless tentang apa yang sebenarnya perlu dibenahi, nggak akan membawa hasil baik buat kita dan orang lain. Dan harus diingat bahwa sebagai anak Tuhan, kita adalah 'clues' nya orang-orang tentang bagaimana Tuhan mau kita bertindak. Jadi anak Tuhan, juga tidak berarti semuanya menjadi mudah. Ada masalah sekolah, keuangan, hubungan dengan teman-teman, dan segunung hal lain yang bisa menghambat kita dari gol kita. Nah, ini saatnya kita menunjukkan bagaimana kita berespon dengan masalah-masalah yang datang, bagaimana kita bersikap, dan bertutur kata. Kualitas-kualitas itulah,yang akan menentukan masa depan kita nantinya. Jadi, mau masa depan yang gemilang? Let Him guide you in writing your future ! (NH)

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment