Pages

The Little Things that Matters



“Carve your name on hearts and not marble”

Charles H. Spurgeon

Kadang-kadang tanpa kita sadari, ada banyak banget hal kecil yang kita lakuin yang bisa membuat seseorang berkata,”you’ve really made my day” atau malah membuat mereka merasa down dan kesal.
Hal-hal kecil yang kita lakukan mungkin terkadang hanya sekedar ucapan halo saat bertemu, atau pujian-pujian kecil dari kita bisa memberi sedikit warna cerah di hari-hari yang kelabu. Hal yang sama sudah pernah dipraktikkan di tahun 1920-an oleh seorang psikolog bernama George W. Crane yang saat itu tengah mengajar psikologi sosial di Northwestern University di Chicago.

Salah satu kelas Crane adalah kelas di malam hari yang berisikan orang- orang yang umumnya lebih tua dibandingkan murid universitas pada umumnya. Suatu malam, setelah kelas dibubarkan, seorang wanita muda bernama Louis yang baru saja pindah dari kota kecil Wisconsin ke Chicago menceritakan pada Crane bagaimana dia merasa sangat terisolasi dan kesepian karena dia hanya mengenal beberapa orang di kantornya dan satu- satunya hal yang membuat dia bertahan hanyalah harapan bahwa ia akan menerima surat dari teman- temannya di Wisconsin.

Mendengar cerita Lois, Crane pun muncul dengan ide baru yang ia sebut The Compliment Club/ Klub pujian sebagai tugas untuk kelasnya. Setiap murid diharuskan memberi pujian kepada sedikitnya tiga orang yang berbeda setiap harinya dan kemudian menulis essay tentang pengalaman mereka. Pada awalnya beberapa orang mengeluh, tidak tahu apa yang harus mereka katakan, beberapa takut ditolak dan ada pula yang merasa tidak tulus kalau mereka harus memberikan pujian pada orang – orang yang tidak mereka sukai. Crane hanya merespon dengan, “ Bukanlah satu hal yang tidak tulus saat kita memuji musuh kita karena pujian adalah ungkapan jujur untuk satu hal yang objektif dan memang layak untuk diberi pujian.”

Alhasil, tugas yang diberikan Crane memang membawa dampak positif untuk orang-orang di sekitar mereka, terlebih lagi untuk murid- murid Crane. Lois menjadi seorang yang ceria, dan seorang murid yang lain, lewat pujian yang dia berikan pada bosnya yang sangat menyulitkan, perlahan-lahan melihat perubahan pada bosnya dan menikah dengannya.

Bagaimana dengan kalian semua? Have you complimented anyone today? Ingat selalu bahwa bukan hanya pujian, hal-hal kecil yang lain pun bisa membawa banyak dampak untuk orang- orang di sekitar kita. Kita ga akan pernah tahu kapan hal kecil yang kita lakukan mampu memberikan dorongan kepada orang-orang yang sedang merasa down atau butuh pertolongan. Jadi, jangan segan-segan kalau merasa ingin melakukan sesuatu untuk orang lain karena walaupun untuk beberapa orang terkesan sepele, every little things count.

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment