Pages

Sahabat = Gold


Di dalam hidup kita, banyak orang datang dan pergi, termasuk teman, pacar, dan orang – orang terdekat lainnya. Tidak jarang pula kita memiliki banyak kisah bersama mereka. Ada persahabatan yang terjalin, ada kisah cinta, ada juga kisah pribadi yang menyakitkan. Sadar atau tidak, setiap orang meninggalkan jejaknya sendiri di hati kita masing – masing.

Bagi orang yang dilahirkan dengan mempunyai karakter suka berbicara, berkenalan dengan orang yang baru bukanlah satu hal yang besar. Lain halnya dengan beberapa di antara kita yang mungkin pada dasarnya agak pendiam, berkenalan dengan orang baru mungkin memerlukan effort yang lebih besar. Walaupun demikian, pada dasarnya manusia mempunyai jiwa mahluk sosial yang membuat mereka tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Itulah yang menjadikan pentingnya kita memilih siapa orang- orang yang akan berada di dekat kita. Karena seperti yang sudah sering kita dengar, “Kalau kita ingin melihat masa depan seseorang, lihat saja teman – teman di sekitarnya.”

Seperti juga tertulis dalam 1Korintus 15: 33,“Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.” Ini secara tersirat menyatakan bahwa sahabat yang baik adalah sebuah blessing bagi temannya. .

Sebagai manusia, tidak ada seorangpun yang sempurna, begitu juga sahabat kita. Seorang sahabat, terlepas dari ke-tidaksempurnaan-nya memiliki arti tersendiri bagi setiap dari kita. Inilah arti seorang sahabat bagi beberapa orang terkemuka:

1. Dia menerima kamu apa adanya.

A friend is one who knows us, but loves us anyway. -- Fr. Jerome Cummings

Seorang sahabat bukan saja menerima yang baik-baik serta kelebihanmu saja, tetapi menerima keburukanmu dan kekuranganmu. Karena jika seseorang berteman pada saat baik saja, tetapi tidak meninggalkan saat ada konflik, itu artinya orang tersebut bukanlah ‘sahabat yang baik ’.

2. Dia tidak iri dengan keberhasilan yang kau dapat.

A true friend is one who overlooks your failures and tolerates your success!-- Doug Larson

What is a friend? A single soul dwelling in two bodies. ~Aristotle

Seorang sahabat yang baik, akan ikut merasakan kegembiraan sahabatnya, Jadi ada brapa orang yang gembira saat anda bergembira? Dua. Karena sahabat adalah tempat berbagi suka dan duka.

3. Dia mengasihi senantiasa

A friend loves at all times, and a brother is born for adversity.~Proverbs 17: 17

Such a friend is true, and all he says is true; and he loves you even if he hates you in other mansions of his heart. ~Antoine de Saint-Exupéry,

Apakah kamu dapat merasakan bahwa seseorang yang kamu sebut sahabat, selalu mengasihi dirimu? Kalau jawabannya adalah YA., jangan pernah kau lepaskan, karena good friend is a treasure and sunshine of your life.

4. Dia mengasihimu dengan tulus, bukan kasih yang pura- pura.

True friends stab you in the front. ~Oscar Wilde

Seorang sahabat tidak berpura-pura dan membicarakanmu di belakang.

5. Dia berani JUJUR kepadamu bukan tentang hal- hal yang baik tentangmu, tetapi hal buruk juga.

Only your real friends will tell you when your face is dirty. ~Sicilian Proverb

Dia berani ‘stand up’ saat dia melihat kesalahanmu, dan berani berbicara langsung kepadamu walau terkadang kenyataan bisa begitu menyakitkan.

6. Dia mengerti akan hal-hal yang tersembunyi sekalipun.

A true friend is someone who knows there's something wrong even when you have the biggest smile on your face."

Nah, bagaimana dengan kamu? Apa arti seorang sahabat untukmu? Yang pasti, seperti kata orang, “Mempunyai 10 orang sahabat adalah sedikit, tetapi mempunyai 1 musuh ialah banyak.” (JKG)

‘Friends are like melons; shall I tell you why? To find one good you must one hundred try. ‘

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment