Pages

Friendship



Manusia adalah mahluk sosial sehingga penting sekali bagi setiap dari kita untuk memiliki hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita seperti keluarga dan teman- teman kita. Bagi kita-kita yang kini mungkin bertempat tinggal jauh dari sanak keluarga, sudah pasti teman- teman adalah orang- orang penting yang memberi kita sense of belonging di komunitas tempat kita tinggal.


Tak dapat dipungkiri kalau ada saat di mana kita memiliki perbedaan pendapat dengan teman- teman kita. Dalam hal ini, anggap saja perbedaan tersebut sebagai proses yang harus kita jalani untuk menjadi seorang lebih baik lagi, seperti besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya (Ams 27:17). Kalaupun terkadang masukan dari teman dan sahabat kita terasa kasar, sebaiknya kita mencoba untuk menenangkan diri dan memproses ucapan teman kita. Seringkali mereka hanyalah bermaksud baik dengan memberi kita peringatan dan masukan (Ams 27:6).

Saat menjadi seorang teman, terlebih lagi seorang sahabat, kita tidak hanya berpikir tentang apa yang menyenangkan bagi kita tetapi juga bagi teman dan sahabat kita. Sama seperti kita yang terkadang menyandarkan diri ke bahu mereka, terkadang mereka juga perlu bersandar sejenak sebelum mereka cukup kuat untuk bangkit lagi. Hal-hal simple seperti mendengarkan masalah mereka sekalipun mampu meringankan beban mereka yang berat. Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran (Amsal 17:17).

Di dalam satu komunitas pergaulan, adakalanya kenyataan itu menyakitkan sehingga seringkali kita mencoba menutupinya demi menjaga persahabatan kita. Sebagai contoh, saat sahabat kita naksir dengan seseorang yang sepertinya kurang baik untuk sahabat kita, ga ada salahnya kalau kita mencoba memberi pendapat kita demi kebaikan sahabat kita. Entah masukan itu akan diberi tanggapan positif ataupun negatif, setidaknya tidak akan ada penyesalan dalam diri kita nantinya saat yang terburuk terjadi karena kejujuran menunjukkan persahabatan sejati (Amsal 24:6).

Saat ini, beberapa di antara kita mungkin adalah orang-orang yang mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Selebihnya mungkin hanya bergaul dengan beberapa orang yang dekat dengan mereka. Seperti apapun cara kita berteman, nikmatilah saat-saat bersama dan jadikanlah saat-saat ini seindah mungkin. (KDC)

True friendship is a plant of slow growth, and must undergo and withstand the shocks of adversity before it is entitled to the appellation."
- George Washington

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment