Pages

“Start the Journey with God”

We wish you a Blessed New Year 2010. Tentunya kita ada banyak rencana ini dan itu di tahun yang baru ini.

Namun pernahkan terpikir dalam benak kita atau pernahkah terucap di dalam doa kita untuk kita berjalan bersamaNya di tahun 2010 ini?

Seringkali tanpa sadar kita lupa melibatkan Tuhan dalam rencana kita. Mari kita renungkan bagian Firman Tuhan yang Tuhan taruh dalam hati saya untuk mendasari perjalanan kita di awal tahun 2010 ini.


Mari kita sama-sama membaca (dengan penuh penghayatan) Amsal 3:5-10.


3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; 3:8 itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu. 3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, 3:10 maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Dari ayat-ayat di atas, kita bisa melihat bahwa ada 6 hal yang menjadi bagian untuk kita lakukan:

1) Ayat 5 - Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu.

Percaya kepada Tuhan dari dasar hati kita yang paling dalam. Bersumber dari pengenalan kita akan Dia. Kita percaya bahwa Dia adalah Tuhan yang setia, yang tidak pernah ingkar janji, yang tidak pernah berubah.

2) Ayat 5 - Dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Jangan mencoba untuk menilai segala sesuatu dengan cara dan pengertian kita yang terbatas, kita tidak maha tahu.

3) Ayat 6 - Akuilah Dia dalam segala lakumu.

Dalam the Message mengatakan “Listen for God's voice in everything you do, everywhere you go”. Mengakui Dia berarti melibatkan Dia dan mendengar tuntunan / arahanNya. Pada tanggal 31 Dec 2009 lalu, saya bersama rombongan sebanyak 17 orang pergi ke Chiling Waterfall. Setelah memarkir mobii, kami berjalan kaki menuju lokasi waterfall. Perjalanan yang sangat sulit karena harus melintasi hutan lebat dan jalanan yang terjal. Kami sempat tersesat di dalam hutan. Namun kami menyadari bahwa untuk sampai waterfall, kami harus bisa mendengar suara air terjun dengan semakin jelas. Kalau suara air terjun semakin kecil, berarti kami semakin jauh dari tujuan. Puji Tuhan, akhirnya kami bisa sampai ke lokasi. Dalam hidup ini, jangan sampai kita kehilangan suara Tuhan. Ingat bahwa suara Tuhan menuntun kita kepada tujuanNya (God voice will lead you to destiny!).

4) Ayat 7 - Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak.

Jangan berasumsi bahwa kita tahu segala hal. Jangan sombong. Mari tetap rendah hati, mau terus belajar.

5) Ayat 7 - Takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan.

Takut akan Tuhan berkaitan dengan kesadaran akan hadiratNya dan sifat2Nya/karakterNya. Dia Tuhan yang benar, adil, berkuasa, suci, kudus, setia, besar, mulia, agung, perkasa, kuat, hebat dsb.

6) Ayat 9 - Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu.

Dalam the Message mengatakan Honor God with everything you own; give him the first and the best.

Ada 3 Berkat yang akan kita alami:

1) Ayat 6 - Maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Dia akan menjagamu tetap ada dalam track, Dia yang akan menunjukkan jalan yang harus ditempuh.

2) Ayat 8 - Itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.

Tubuh kita menjadi sembuh dan sehat serta kuat, penuh semangat untuk menjalani kehidupan.

3) Ayat 10 - maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Berkat Tuhan melimpah atas hidup kita, dan banyak orang akan diberkati melalui hidup kita.


Mari buka hati kita, dan biarkan rencana Tuhan dan visi Tuhan yang jadi dalam hidup kita. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan, namun tetap dengarkan tuntunan dan arahanNya supaya kita berjalan mengarah kepada tujuan, mengalami berkat, kemajuan dan peningkatan yang luarbiasa di tahun 2010 ini. Amin. Tuhan memberkati. (By Ps.Eddy Chang)

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment