Pages

Dosa Besar dan Dosa kecil ?!



Yakobus 2:9-15
Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.
Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.
Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah", Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.
Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang.
Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.
Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?
Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari,

Saya ingin kita sama-sama membayangkan sebuah minuman kesukaan kita, jus jeruk? susu
coklat? susu strawberry? ? Dan bayangkan suatu hari kalian sedang membuat minuman tersebut. Begitu minuman tersebut jadi dan siap dinikmati, seekor cicak masuk ke dalam minuman kalian! Apa yang akan kalian lakukan? Tentu kalian akan membuang semuanya dan membuat minuman itu dari awal.
Nah, sekarang bayangkan kalau yang jatuh tadi bukan seekor cicak, only a part of it, hanya ekornya saja, masuk ke dalam minuman kalian. Apakah kalian akan berpikir “Aah, cuman ekornya doank, bukan cicaknya. Gak apa apa lah, gw minum aja..”? Tentu tidak! Kalian akan tetap membuang semuanya dan membuat minuman itu lagi. Begitu juga dengan dosa, pada saat dosa sudah masuk ke dalam kehidupan kita, entah itu “dosa besar” atau “dosa kecil”, akan tetap mencemari kehidupan kita! Entah itu mencuri ayam
tetangga atau mencuri mobil Honda Civic, keduanya tetap dosa! Jangan lihat dosa sebagai sesuatu yg bisa diperhitungkan dalam kehidupan kita.
“When it comes to sin, just simply don’t do it!”
~Eddo Darian

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment