Pages

Bantuan cuci piring



1 Yohanes 3:14-18
3:14 Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.
3:15 Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.
3:16 Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.
3:17 Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?
3:18 Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.

“Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi
dengan perbuatan dan dalam kebenaran.”
Suatu hari, Ibu Atun, seorang janda lanjut usia yang tidak memiliki anak, jatuh sakit. Tim kunjungan jemaat menjenguknya. “Cepat sembuh ya, Mbah. Kami dukung dalam doa,”
kata ketua tim. “Kalau dukung dalam doa, itu tidak perlu. Aku masih bisa berdoa sendiri,” jawab Ibu Atun membuat pengunjungnya tersentak. “Tetapi, kalau kalian memang mau
membantu, bantulah cuci piring-piring di dapur. Beberapa hari ini sudah menumpuk.”
Meskipun hanya guyonan, kisah di atas mengingatkan kita untuk mengembangkan kepekaan
dalam menolong dan mengasihi sesama. Berdoa untuk kebutuhan orang lain tentu tidak
keliru, tetapi alangkah baiknya kalau kita memeriksa lebih jauh, adakah tindakan praktis yang dapat kita lakukan untuk meringankan beban orang tersebut. Hal itu selaras dengan nasihat Yohanes. Ia menegaskan bahwa kasih itu bukan hanya berupa perasaan yang hangat, sikap
yang baik, atau perkataan yang ramah. Kasih tidak jarang mengundang kita untuk melakukan perbuatan baik sebagai perwujudannya. Tanpa disertai perbuatan, kasih akan menyerupai
tong kosong berbunyi nyaring. Hari ini—sesungguhnya setiap hari, merupakan kesempatan
baik bagi kita untuk mengungkapkan kasih. Bukan hanya dengan perkataan, melainkan juga dengan perbuatan (ayat 18).
Orang-orang di sekeliling kita, baik di rumah maupun di tempat kerja, pasti memiliki
berbagai kebutuhan. Selain menyampaikan perkataan yang simpatik, kita dapat melangkah
lebih jauh dalam menunjukkan kasih kita, yaitu dengan memikirkan cara-cara praktis untuk menolong mereka. Tidak setiap perbuatan dilandasi kasih, tetapi kasih senantiasa melahirkan tindakan

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment