Pages

Obat Patah Hati



Amor medicabilisnullis herbis. Kalimat ini tertulisdi tembok sebuah apotek tua di kota Luzern, Swiss. Artinya? "Tidak ada obatdapat menyembuhkan patah hati." Tidak jelas mengapa si pemilik apotek menuliskankalimat ini. Yang jelas: ia benar! Patah hati adalah padamnya semangat hidupakibat hati yang terluka. Entah karena dikhianati kekasih atau mengalamikekecewaan berat. Hati yang patah tak bisa dipulihkan dengan pil tidur, minumankeras, atau hiburan duniawi.

Obat patah hati, kata Amsal, adalah "hati yang gembira". Namun, bagaimana kitabisa gembira kalau sedang patah hati? Teladanilah Rasul Paulus. Saat menulis suratFilipi, sudah dua tahun ia dipenjara. Ia banyak dikecewakan. Sementara di penjaraia tak bisa apa-apa, di luar banyak saudara seiman mengkhianatinya. Merekamemberitakan Injil "karena dengki dan perselisihan" (ayat 15). Mumpung Paulusabsen, mereka yang selama ini merasa kalah bersaing mengabarkan Injil untukmenarik pengikut Paulus menjadi pengikutnya. Namun, Paulus melihat sisipositifnya. Gara-gara dipenjara, orang-orang istana yang mengadilinya bisamendengar Injil (ayat 12,13). Tindakan rekan yang mau merebut popularitasnyamalah membuat Injil makin tersebar. Hal-hal positif ini membuat hati Paulusbergembira. Ia sadar kemalangannya tak bisa menggagalkan rencana Tuhan.

Anda sedang patah hati? Lihatlah hal-hal yang positif! Jangan terpakupada kemalangan Anda. Anda bisa gagal. Orang lain bisa menggagalkan impianAnda. Namun, rencana indah Allah untuk masa depan Anda tidak akan gagal!

Tidak perlu hadiah istimewa untuk membuat hati gembira Syukurilah hal-hal yang sederhana.

Mari kita mengucap syukur bukan hanya karena kita berbahagia tapi dengan mengucapsyukur kita kan selalu bahagia.

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment