Pages

Mencapai Hubungan yang Lebih Bermutu


Untuk mengerti apa yang benar-benar berhasil dalam sebuah hubungan sangat bervariasi antara satu pasangan dengan yang lainnya. Bagaimanapun juga, setiap pribadi memiliki kebutuhan yang unik, sehingga tidaklah mungkin ada satu cara rahasia pun untuk menciptakan sebuah hubungan yang benar-benar sempurna bagi semua orang.

Tetapi, survei telah membuktikan bahwa ada pola-pola tertentu yang cenderung dapat berhasil untuk membangun sebuah hubungan yang saling memuaskan, menyenangkan, dan langgeng. Kita dapat memiliki nilai-nilai kualitas dari hubungan kita secara pribadi dan kemudian cobalah bandingkan dengan kualitas-kualitas yang telah terbukti sebagai menjadi ciri-ciri dasar dari hubungan yang berhasil.

Melalui perbandingan ini kita dapat memutuskan apakah kita tetap akan memakai hubungan yang ideal menurut kita tersebut untuk seterusnya, ataukah kita akan sedikit menyesuaikannya dengan apa yang sudah terbukti berhasil bagi orang lain. Tetapi perlu kita ingat bahwa apa yang berhasil bagi orang lain pasti belum tentu dapat 100% berhasil bagi kita. Pada akhirnya, kita pun tetap perlu untuk mendengarkan hati nurani kita dalam setiap keputusan kita.

Ada 10 cara untuk membuat hubungan kita lebih berhasil:

1. Pastikan bahwa kita benar-benar siap untuk menjalani sebuah hubungan, dan bahwa orang yang ada di sisi kita adalah benar-benar orang yang tepat bagi kita.

2. Berikan pasangan kita sisi positif dari setiap keraguan yang ada; asumsikan bahwa semua keraguan itu hanyalah sebuah usaha untuk membahagiakan kita dan memberikan kita keuntungan yang terbaik dalam hidup kita.

3. Jadilah sedikit fleksibel dalam hal seberapa dekat dan kebersamaan yang kita perlukan.

4. Belajarlah bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan dan membangun kedekatan dan saling pengertian di antara kita dengan pasangan kita. Contohnya, tunjukkan rasa hormat, bukan menjadi pengkritik.

5. Belajarlah bagaimana untuk mengasihi diri kita sendiri dan mengenali emosi kita, jangan menyangkal atau menekan apa yang kita rasakan atau pikirkan.

6. Carilah cara-cara untuk menjaga api agar tetap berkobar di dalam hubungan kita.

7. Belajarlah untuk menjadi toleran dalam perselisihan dan stres.

8. Alamilah kehidupan bersama sebagai sebuah petualangan.

9. Terimalah ‘keanehan’ satu sama lain dalam hubungan yang ada; mengusahakannya akan menghasilkan sebuah kesenangan yang maksimal.

10. Ambil waktu luang setiap hari untuk menumbuhkan hubungan kita dengan pasangan bersama-sama.

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment