Pages

Tips menjadi WIRAUSAHA yang sukses



1.BERDOA
Karena bantuan Tuhan itu yang paling manjur dalam kita melakukan apapun.

2.JANGAN PERNAH MERASA MALU
Hilngkan rasa malu kita untuk melakukan suatu bisnis usaha yang kita jalan kan.

contohnya:
kalau kita usaha baju dan kita masih kuliah nie,jangan malu untuk menawarkan barang kita pada temen-temen dikampus,jangan malah kita malu bejualan dikampus.kalau kita sudah merasa malu berdagang di area kecil seperti dikampus,maka pasti kita pun akan malu berdagang diarea yang lebih luas.

3.MELIHAT PELUANG YANG ADA
maksudnya disini kita mencari suatu peluang ataupun usaha untuk melakukan suatu bisnis walaupun itu kecil,jadi kita membisniskan semua hal yang bisa dibisniskan.

contohnya:
waktu kita liat koran yang ada halaman jual beli,contoh jual beli rumah,nah kita berinisiatif aja gini gan,kita hubungin pemilik rumah itu,kita smsin/telponin satu persatu ngobrol-ngobrol berinisiatif untuk menjadi makelar rumah itu,kan kita bisa jualin lewat duinia maya nih,contoh,FJB kaskus,facebook,twitter,dll nah jika kita berhasil jualin rumah tersbut pastikan kita dapet persenan dari pemilik rumah tersubut, paling tidak 2%. kalau rumah tersebut kejualnya 400jt kita dapet berapa coba,kan lumyan tow gan,kita cuma modal ngomong,pulsa,n browsing doang dapet duit.

4.MEMBUAT KITA MENJADI TERPAKSA
maksutnya disini gini gan,ada beberapa kelebihan kita yang tidak kita ketahui,dan waktu kita dalam keadaan terpaksaan kadang kelebihan kita tersebut akan mucul dengan sendirinya
contoh hal terpaksa:
waktu bisa kita lompat atau lari kita gak bisa tinggi atau kencang,nah waktu kita maling dan kita ketahuan pasti lari kita semakin cepat dan kita pun bisa melompati pagar yang tinggi yang dulunya kita anggap kalau pagar itu gak mungkin bisa kita lompatin
contoh dalam berbisnis
yaitu contoh kita anak kuliah dan kita hidup jauh dari orang tua nih gan.kan pasti kita dapet uang bulanan nih ya,kita berinisiatif gini gan,kita minta uang saku kita full sampai lulus dan kita birjanji kepada orang tua kita tidak akan meminta uang lagi sampai kapanpun itu kalau perlu perjanjian itu mempakai materai biar sah.
nah kita kan pasti akan berfikir bagaimana caranya kita bisa bertahan hidup dengan uang itu selamanya.nah dengan kepepetnya itu kelebihan kita akan mucul dan rasa malu kita pasti juga akan hilang.

5.MEMPERBANYAK RELASI DAN TEMAN
karena jika kita semakin banyak relasi dan teman maka kita semakin mudah untuk mengembangkan usaha dan bisnis kita.
contohnya:
jika kita membuka cafe nih gan,pertama kita undang nih temen2 dan relasi2 kita nih gan,secara bertahap insa'allah cafe kita laris semua itu karena bertahap teman kita pasti mengudang teman-tmannya untuk datang ke cafe kita,dan bertahap lagi dari teman dari tmenan kita dan itu secara bertahap akan meluas.amin

Note 1 :

Think out of the box

selama kita masih berpikir dengan metode konvensional ato bahasa gampangnya ikut arus, kita gak akan maju. sedikit aja kita mikir misalnya "mmm...tapi nanti kl mulai usaha itu pasarnya kyknya kecil,nanti untungnya lama",nah brarti kita dengan kata lain masih terkungkung dalam kotak. kluar,loncat,berontak,berpikirlah pasar pasti ada asal kita bisa mengemasnya dengan sesuatu yg berbeda, dengan sesuatu yg out of the box.

ane bbrapa waktu lalu pernah ngbrol sm tmen ttg bagaimana memulai pemikiran "out of the box" ini, dia bilang gampang, caranya :
1. Back to zero. ubah mindset bahwa kita ni gak tau apa2
2. kl mindset itu udah terbentuk nanti akan munculah satu-persatu permasalahan baru yg selama ini gak terpikirkan
3. mulai ditata rumusan problem solving n improvisasinya
4. jangan lupa pelajari lingkungan,peras otak kita utk melihat apa yg belum terpetakan. awalnya pasti berat,memang begitu prosesnya.
5. Jangan takut salah, jangan takut kalah, jangan takut mematahkan teori n sistem yg berlaku, asal yg prinsip ttp dijaga.
6. buang jauh2 kata "TETAPI" yg berkonotasi negatif, itu self poison, gak akan berhasil kl kata itu selalu muncul.

Note 2 :

mulailah dengan hal2 yang kecil...

pada dasarnya manusia punya potensi atau ane bahasakan sebagai kekuatan besar, uniknya, semua itu muncul spontan disaat kepepet/terjebak/terdesak, terkadang membuat orang g percaya apa yng telah dilakukannya.. ketika mencoba untuk melakukannya kembali tapi dalam situasi normal,, malah g bisa dilakukan..
nah, dari penjelasan agan, kayaknya ada upaya "treatment/pengkondisian".. dimana sengaja dibuat kondisi agar kita dalam keadaan terdesak atau kepepet. karena sifatnya alamiah (terjadi begitu sj),, biasanya sih potensi/kekuatan itu g akan muncul (pengalaman pribadi dan beberapa orang).
klo menurut ane sih, klo mmg orang tua ngirimin duit (asal jangan mintanya maksa) ya diterima aja, tapi duitnya jangan dijajan semua, bisa dibuat modal usaha kecil2an..
sesuai judulnya,,, mualailah dari yang kecil..

Yosi Budiarto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment